Hari ini tanggal 22 April 2009, siapa yang ingat kalau hari ini adalah "Earth Day"? ah..paling hanya beberapa saja, lainnya.. mana mau peduli, yang jelas, ini hari Rabu di Athens, Ohio-Amerika.
Sibuk dengan aktifitas biasa seperti diriku.. tiba-tiba aku ingat Adik2ku di DEMA IKA UNDIP, tahun lalu waktu aku masih menjadi bagian dari mereka, di hari dan tanggal yang sama, kami mengadakan banyak acara... bahkan membentuk lingkar E-Care (Environment Care), yah setidaknya untuk mengingatkan para mahasiswa tentang pentingnya kontribusi bagi alam... Tapi sekarang, aku tiak tahu aktivitas apa yang mereka tengah Lakukan di Negeri tercinta.
Hari ini, tepat di hari bumi... Kami, para grantees IELSP punya agenda kunjungan ke East Elementary School-Athens USA. Letak Sekolah tersebut tidak terlalu jauh dari OU, tapi Sintia dan Jhosua dengan senang hati mengantarkan kami ke sana.
Hmm... tentu saja rabu minggu kemaren kami sudah ke SD yang sama, tapi waktu itu kami hanya melakukan kunjungan biasa..bertepatan dengan adanya even konser para siswanya.
Sedangkan hari ini "You Are the Teachers" Sintia Said, kenalkan tentang Indonesia...dsb..
Hm...Anak kelas 3 SD di Amerika lebih tepat disebut Brilliant.,bagaimana tidak..mereka sungguh-sungguh aktif dan cerdas..hmmm.
Sistem pendidikan Amerika emang lain ya… pertama kali aku masuk ke East Elementary School minggu kemaren, aku melihat adanya Sistem pembelajaran yang bagus, bayangkan.. anak2 Autis n ADHD juga mendapat kesempatan belajar yang sama, mereka sekolah di kelas Umum…tidak disendirikan, berinteraksi dengan teman2 lainnya. Sungguh pembelajaran yang patut diacungi jempol.
Hari ini..
Aku bertemu dengan partner kecilku.. Namanya Rowan, Cowok kecil berambut ikal dan pirang itu baru berumur 8 tahun. Tapi ketika aku bercakap-cakap dengannya, sepertinya, ia lebih dewasa daripada aku.
Saat aku memeperkenalkan diri, dan bilang padanya aku berasal dari Indonesia, Si kecil Rowan bilang Ia pernah ke Malaysia, tetangga Indonesia, tepatnya Pulau Borneo, Dia bilang padaku kalau pulau borneo itu satu pulau tapi 2 negara, dia bilang Indonesia dan Malaysia punya bagian di sana. Hmmm cerdas Rowan...you are absolutely right!
Setelah itu, dia mulai bercerita panjang lebar... tentang aktifitasnya, film yang dia sukai (The Lord of the Ring dan Harry Potter, kami sempat berdiskusi lama tentang tokoh Harry Potter, dan aku sangat kagum padanya, dia tahu semua pemain dan karakternya.. My Mom love Harry Potter’s Novel, She read that Novel just for one night, katanya lagi), dan sebagainya.
Yah, untuk anak seusia Rowan, aku hampir tidak percaya dia begitu cerdas… Penggemar Matematika ini bilang kepadaku bahwa bunga yang paling ia sukai adalah RAFLESIA…Yah Guys..RAFLESIA ARNOLDI, Bunga bangkai yang langka ditemukan di Indonesia. Yah.. sekali lagi ia mengatakan kalau dia pernah melihat bunga itu ketika ia ikut ayahnya di penelitian di Hutan Borneo, Dia pernah melihat bunga raksasa berbau busuk itu… wow… it’s co cool Rowan.
Hal yang paling aku kagumi dari si kecil rowan adalah di Session terakhir diskusi kami, ketika Sintia memberiku 2 kertas putih kosong yang diujung atasnya tertulis “ Draw a picture of your friend. If your Friend Indonesian, draw him/her living in America. If your friend is American, draw him/her living in Indonesia.”

Aku memberikan kertas pertama untuk Rowan dan kertas kedua untukku sendiri, lalu memastikan apakah ia faham apa yang kami lakukan, dan lagi-lagi ia menjawab..:Yeah.. I know what we have to do, hehe” diiringi senyum manisnya. Ok Rowan, please draw me beautifully..hehe…” I said..but just kidding.” Ok, I can draw well, I am the master, ”..katanya.

Aku bingung ingin memulai dari mana… yang jelas aku bingung,karena aku memang tidak pandai menggambar. Lalu aku mulai menggambar MONAS dan wajah Rowan dengan rambut ikalnya, .....huh..susah ya menggambar itu..hehe.

Aku melihat hasil gambar anak di depanku, itu partner kecilnya si Triyo, wah..gambarnya bagus… ada Triyo, ada bendera America dan diwarnai dengan warna-warna yang cantik. Aku berharap gambar Rowan jauh lebih bagus lagi, karma ia bilang ia pandai menggambar..

Dan What??!!!
Aku kaget sekali melihat gambar Rowan,” is that Me Rowan? Can you explain me what is that?” Tanyaku antara percaya dan tidak, Rowan hanya menggambar coretan-coretan hitam, tanpa warna sama sekali, sangat tidak menarik, apalagi tentang gmbar diriku, nggak ada cantik2nya..haha, padahal aku kan cantik (ya iyalah masak ganteng siih..hehe),. Begitu aku tanya tentang arti gambarnya, dengan senang hati ia menjelaskan..
1. This is Factories, katanya menunjuk gambar kotak paling pojok kiri, dia lalu menjelaskan, ini pabrik2, dan hitam di atasnya ini adalah asap pabrik, semua menghasilkan polusi yang mencemari America.
2. Gambar di sebelah pabrik ini adalah bendera kami, terdiri dari 13 garis dan 50 bintang, harusnya, bendera kami tercemar... oleh asap-asap dan polisi udara.
3. Ini gambar sungai, katanya sambil menunjuk coretan-coretan hitam di bagian bawah gambar... semua sungai juga terpolusi, kecuali sebagian kecil, katanya sambil menunjuk coretan warna hijau yang hanya sedikit.
4. tanah-tanah juga terpolusi, pokoknya semua terpolusi, itulah sebabnya kenapa aku menggambarmu seperti ini.
5. kamu sedang menjerit.. karena kaget melihat kondisi Amerika, katanya lagi sambil menunjuk ke huruf (aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa)....yang ada di sebelah atas gambar diriku.
Hmm...sungguh pemiikiran yang cerdas...Orang sering berfikir bahwaAmerica identik dengan Patung Liberty, Tpai lihatlah kenyataan yang disampaikan Rowan,... anak kecil yang masih polos itu, Amerika.. adalah polusi.
Benar-benar cerdas...
Anak sekecil ini sudah faham tentang masalh negerinya...Aku jadi teringat dengan Severn Suzuki, bocah 11 Tahun yang Pidato tanpa teksnya bisa membungkam ruang sidang PBB. Di akhir pidatonya Ia berkata : jika Anda tidak bisa memperbaiki kerusakan di bumi yang telah anda buat, tolong jangan merusaknya.
”Yah Rowan, di hari bumi ini aku belajar padamu.”
-----------------------
"Indri, You ARe OU student Right?"
"Yah, Rowan..."
"Do you Know my Father?"
"WHo Is Your Father?"
"My Father is Professor of Biology in your University, Ohio University..."Katanya sambil tersenyum...








Antara LIBERTY dan POLUSI, antara AKU dan ROWAN, Antara INDONESIA dan AMERIKA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SAYA dan EWB (Education Without Border) 2011 - Dubai d Abu Dhabi - UAE 27-31 March 2011

MERAJUT dengan HATI ^_^

PROSES PEMBUATAN TEMPE AL-AMAN (COCOK UNTUK NEGARA 4 MUSIM).