SOCIAL VOLUNTEER (SV) UNDIP ^_^

PROFIL SV

1. Sejarah dan Perkembangan

Social Volunteer (SV) adalah organisasi kemahasiswaan Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Diponegoro (UNDIP) yang bergerak di bidang sosial. Organisasi ini berawal dari beberapa orang yang tergerak hatinya  untuk melakukan bantuan saat terjadi tsunami di Aceh pada bulan Desember 2004. Mereka adalah Meidiana Dwidiyanti, S.Kp.,M.Sc dan Megah Andriany, S.Kp., M.Kep. Sp.Kom. yang merupakan dosen PSIK FK UNDIP. Selama satu bulan di Aceh, mereka memberikan pelayanan bantuan trauma healing berupa terapi individu, terapi Spiritual Emotional Freedom Technique (SEFT Therapy), terapi kelompok, terapi bermain, dan pendidikan kesehatan kepada para korban bencana tsunami. Kegiatan tersebut dilakukan dengan menjalin kerjasama dengan Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU) Jawa Tengah dan sejak itulah SV PSIK UNDIP bermitra dengan PKPU Jawa Tengah.

Melihat kondisi Indonesia yang berpotensi terjadinya bencana alam, mendorong Meidiana Dwidiyanti, S.Kp.,M.Sc untuk mendirikan sebuah badan kemahasiswaan di PSIK UNDIP yang bertujuan membantu masyarakat di daerah bencana. Social Volunteer PSIK UNDIP kembali turun ke wilayah Yogyakarta ketika terjadi gempa bumi pada tahun 2006. Ketika itu, SV mulai melibatkan pihak mahasiswa. Sekitar sepuluh orang yang terdiri dari dosen dan mahasiswa PSIK UNDIP berada di wilayah Yogyakarta selama satu minggu.

Bencana gempa bumi di Padang, Sumatera Barat, pada tanggal 30 September 2009 menggugah tim Social Volunteer untuk memberikan bantuan trauma healing. Social Volunteer menerjunkan sepuluh mahasiswa angkatan 2006-2008 berangkat bersama tim PKPU Jawa Tengah. Kegiatan berlangsung satu bulan setelah bencana terjadi dan dilakukan selama satu bulan di wilayah Pariaman, Padang. Selain trauma healing, mereka juga mendirikan rumah senyum dan memberikan bantuan mesin jahit.

Selanjutnya, bencana alam erupsi gunung Merapi pada tahun 2010. Tim Social Volunteer tidak hanya bekerja sama dengan PKPU Jawa Tengah, tetapi juga tim KRESNA FK UNDIP. Social Volunteer mendapatkan kesempatan sangat berharga karena dapat mengunjungi korban bencana gunung Merapi lima kali bersama PKPU Jawa Tengah dan lima kali bersama tim KRESNA FK UNDIP. Adapun tim Social Volunteer yang berangkat secara bergilir. Sebelum berangkat, empat puluh dua tim Social Volunteer mengikuti pendidikan dan pelatihan (DIKLAT) emergency dan trauma healing  yang diselenggarakan pada tanggal 6-7 November 2010. Mereka dibekali materi mengenai Management Bencana (PKPU), Prinsip-prinsip Evakuasi (Tim Dosen PSIK), Pengelolaan Obat dasar (PKPU), sharing experience tsunami Aceh dan gempa Padang (Tim SV), Terapi Hipnotis, Terapi Syukur (EFT & SEFT), serta Terapi Meditasi. Rombongan tim SV bersama PKPU Jawa Tengah mengunjungi wilayan Muntilan, Magelang. Kami menyediakan program perpustakaan keliling, trauma healing, pendidikan kesehatan, dan posko kesehatan. PKPU Jawa Tengah pada kesempatan ini bekerja sama dengan Sari Husada mendirikan Posko Nutrisi untuk Bangsa. Posko ini menyediakan susu untuk balita usia lebih dari 1-4 tahun, susu ibu menyusui, dan bubur untuk balita usia 1-2 tahun. Posko ini dikelola oleh petugas yang bisa berasal dari relawan lokal dan  warga pengungsi. Ada dua orang yang menjadi relawan gizi ini yang selanjutnya akan disebut sebagai kader. Sedangkan rombongan tim SV bersama tim KRESNA FK UNDIP melaksanakan tugas relawan di daerah Magelang, tepatnya di pos desa Ngeluar. Kegiatan yang dilakukan berupa kolaborasi dengan dokter dan ahli gizi untuk pemenuhan aspek biologis berupa kuratif dengan melaksanakan asuhan keperawatan, memberikan pengobatan, dan konsultasi serta preventif dengan melakukan olahraga bersama, pendidikan kesehatan, dan pendirian posko nutrisi.

Seiring berkembangnya waktu, Social Volunteer berusaha ingin menjadi organisasi yang lebih teratur dan hidup. Karena itu, SV membenah diri dengan menyusun kepengurusan dimulai sejak periode 2011-2012. Saat ini SV terdiri dari dua orang dosen pembimbing, 31 orang pengurus, dan 30 orang anggota. Dosen pembimbing SV adalah Meidiana Dwidiyanti, S.Kp.,M.Sc dan Ns. Sri Hindriyastuti, S.Kep. Social Volunteer kini dipimpin oleh Pratiwi Sutami (2009) dan Iddo Adam B (2009) sebagai wakil ketua. Adapun pengurus harian SV meliputi Nur Hafidzah Widyaningtyas (2010) sebagai Sekretaris, Novia Wulandari (2010) sebagai Bendahara, Anisa Suci M (2009) sebagai kepala Divisi Pendidikan dan Pelatihan, Sitha R Amanatunnisa (2009) sebagai kepala Divisi Hubungan Masyarakat, Andi Ayu Octo R (2009) sebagai kepala Divisi Logistik dan Kreatif, Margaretha Septyaningtyas (2009) sebagai kepala Divisi Pengabdian Sosial, dan Isnan Nur Khoirunnisa (2010) sebagai kepala Divisi Media dan Jaringan. Adapun tim SV yang berkontribusi sebelumnya menjadi Steering Commitee, terdiri dari Dyah Kartika Putri, Endah (2006), Wahyudi, Siti Nurhamidah (2007), Antok Supriyanto, Kiki Wahyuni, Nurul Azizatunnisa, Mariyati (2008), dkk.

2. Visi dan Misi

Visi
Membentuk anggota Social Volunteer (SV) yang berkemampuan sebagai pemimpin dalam mengatasi bencana alam dan masalah psikososial masyarakat secara komprehensif (bio-psiko-sosial-kultural-spiritual) baik internal maupun eksternal kampus.

Misi
a. Mengembangkan kerja tim yang kokoh
b. Membentuk sistem pemberdayaan masyarakat melalui pendekatan individu dan keluarga
c. Mampu melakukan tindakan untuk mengatasi masalah bencana
d. Menjalin kerjasama yang baik dengan Lembaga Kemanusiaan dan masyarakat

3. Filosofi Lambang

Filosofi :
a. Lentera : Lambang Keperawatan
b. Sayap dan hasil seismograf :
 1) Mencapai fokus tujuan bersama-sama
 2) Pengayom terhadap lingkungan yang membahayakan, seperti bencana alam, melalui kegiatan preventif, promotif, tanggap bencana, dan rehabilitatif.
c. Warna sayap
 1) Merah putih : Nasionalisme
 2) Kuning : Kegembiraan, penuh harapan, dan optimisme
 3) Hijau : Menggambarkan alam dan kehidupan yang sehat
d. Tulisan Social Volunteer PSIK FK UNDIP
Nama organisasi beserta institusi terkait, Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.

4. Kegiatan yang Sudah Dilakukan

a. Kegiatan Lapangan
1) Trauma healing Tsunami Aceh, 2004
2) Pelayanan psikososial pada masa Rescue tanah longsor Banjarnegara, 2005
3) Trauma healing Gempa Yogyakarta, 2006
4) Trauma healing gempa dan tsunami Pangandaran, 2006
5) Trauma healing Gempa Padang, 2009
6) Trauma healing korban Merapi, 2010
7) Pembinaan kelompok ibu cerdas daerah Jurang Blimbing, Tembalang, Semarang, 2011
8) Pembinaan Smart Sharing di PSIK FK UNDIP, 2011

b. Kegiatan training
1) Training relawan mahasiswa PSIK FK UNDIP tahun 2006, 2009,2010,2011, 2012
2) Training Trauma Healing Kader Kesehatan tahun 2006 dan 2009
3) Training Trauma Healing guru TK-SMP Aceh dan Banjarnegara
4) Pembinaan kader Gizi ibu dan balita korban bencana Merapi, Muntilan tahun 2010
5) Training TB Care, kampus PSIK UNDIP 2012


5. Program Kerja

Selain bergerak di bidang kebencanaan, Social Volunteer juga turut berperan dalam kegiatan-kegiatan sosial lainnya, seperti bedah buku, Pendidikan dan Pelatihan, Smart Sharing mahasiswa PSIK UNDIP, dan Kelompok Ibu Cerdas melibatkan masyarakat. Rencana program selanjutnya adalah workshop jurnalistik, pembuatan buletin bulanan, website SV, dan buku smart sharing. Social Volunteer diharapkan dapat menjadi suatu lembaga yang memiliki berbagai kegiatan sosial, pemberdayaan, dan siaga bencana dengan ekspansi kemitraan yang lebih luas, serta menjalin hubungan erat dengan PKPU Jawa Tengah sebagai lembaga yang telah bekerja sama sejak tahun 2004.

aamiin..

SV.. SIAP SIAGA \0/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

JANJI ALLAH KEPADA ORANG-ORANG YANG TIDAK BERIMAN

PROSES PEMBUATAN TEMPE AL-AMAN (COCOK UNTUK NEGARA 4 MUSIM).

MINYAK KAPAK - TRADISI KELUARGA..TAPI BUKAN DI DALAM BUS