ADELAIDE GREEN CITY VERSUS KAWASAN GREENWICH PARK

ADELAIDE GREEN CITY VERSUS KAWASAN GREENWICH PARK
---Semerbak bangunan Ramah Lingkungan---

Pemandangan-pemandangan alam yang mempesona, seringkali menjadi sebuah lukisan yang tertangkap dengan definisi kekaguman yang luar biasa dengan keajaiban tangan sang Pencipta.  Begitu pula jika harus berdiri di sebuah bangunan mahakarya dari tangan manusia yang memadukan seni artistik kehidupan dan keindahan kuas hijau alam semesta. Banyak di antara kita suka sekali mengambil foto keindahan alam ciptaan Tuhan, dengan alasan bahwa bangunan-bangunan megah sekarang ini  tidak ada segi alami yang bisa dijadikan sebagai karya seni yang tetap membumi.
Well, 
Saya suka nuansa alam di Adelaide, Australia selatan.  Adelaide adalah salah satu kota yang yang mendukung program lingkungan (Australia’s most environmentally sustainable cities). Beberapa saat tinggal di kota ini, saya merasakan memang predikat ini pantas untuk disematkan di pundak Adelaide.  
Kita ambil contoh sederhana saja bagaimana kota ini mendapat predikat tersebut. Mulai dari peminjaman sepeda dengan bebas biaya, area-area netral karbon, program daur ulang sampah yang mencapai 85%, system solar panel di atap-atap bangunan seperti di Parliament House, the South Australian Museum, Art Gallery of South Australia and the Adelaide Central Bus Station.


bersama teman-teman.


Ketika berjalan di sepanjang bangunan di Adelaide, akan terasa sekali konsep-konsep “green building”-nya.


Di saat saya menikmati status kota Adelaide ini, fikiran saya terbang melintasi samudra, dan menerobos Indonesia. Tempat tumah darahku, di mana aku dilahirkan. Kota-kota besar seperti Jalarta, sudah mendapat predikat sebagai kota yang “jauh” dari status ramah lingkungan. Kita bias lihat bagaimana kota ini menjajakan diri. Bagiamana polusi yang justru bergulat hebat dengan bumi. Akhirnya, banyak program arsitektur yang hanya berupaya untuk memenuhi kuota tanah-tanah lapang ibukota hanya untuk tujuan investasi dan bisnis. Walaupun jujur, masih ada beberapa  bangunan yang masih mengedepankan konsep membumi, konsep arsitektur yang hijau dan peduli dengan ibu pertiwi.
Untuk perbandingan dengan Adelaide green city, Saya tiba-tiba teringat dengan beberapa karya agung para arsitektur dalam program  Orchidea tower, Casa de parco Apartement (Magnolia Tower). Bangunan-bangunan indah ini ternyata memadukan konsep seni modern  sekaligus  konsep lingkungan hijau yang asri. Konsep dari Sinar Mas Land ini memang memiliki tujuan untuk menyokong keseimbangan dalam Kenyamanan, kemanan sekaligus kehidupan yang lebih berkualitas.

Tidak hanya sampai di situ, Sinar Mas Land juga ada proyek dengan tema “Kawasan Greenwich Park”. Kawasan ini adalah sebuah kawasan hunian eksklusif terbaru di BSD (Bumi Serpong damai) city. Cluster ini memberikan sebuah konsep "Trully Home Resort" yang akan membrikan nuansa liburan bagi keluarga. Juga dilengkapi dengan Community Park dan Connectivity Path yang bisa diakses dengan berjalan kaki. Berada di sini menjadi sebuah bentuk yang nyata dari kualitas dari Sinar Mas land dalam memberikan "karya agung"  atau masterpiece properti terbaik bagi masyarakat. 



Atau kawasan Green Cove yang terletak di jantung BSD, sebuah proyek eksklusif yang menawarkan gaya bangunan modern yang minimalis atau gaya klasik dengan nuansa yang hidup dan berbagai macam fasilitas hiburan seperti lintasan jogging, pusat kebugaran, taman umum, kolam renang, danau serta sungai. Di sini kita bias merasakan perpaduan antara alam, kecantikan dan budaya. 

sumber Green Cove gambar dari SINI: 


Intinya sich, jika memang ingin tempat hunian yang membawa kombinasi unsur alami yang modern, sebuah bangunan dengan konsep “Environmentally sustainable”, tidak perlu jauh-jauh ke Adelaide, di Indonesia sendiri ada banyak pilihan, dan karya Sinar mas Land menjadi sebuah karya agung yang membumi dan jadi rekomendasi.**



Saat ini saya memang masih sebagai anak sekolah alias mahasiswa, tapi saya punya keinginan agar suatu saat nanti memiliki hunian yang hijau dan membumi di tengah aktifitas yang berjubel, dan pilihan dari Sinar mas land memberi titik terang.

Feel it and Share it ^_^

Komentar

Pos populer dari blog ini

JEJAK LANGKAH KAKI LELAKIKU

PROSES PEMBUATAN TEMPE AL-AMAN (COCOK UNTUK NEGARA 4 MUSIM).

MINYAK KAPAK - TRADISI KELUARGA..TAPI BUKAN DI DALAM BUS