I owe You this Stori Ndra

PENDING STORY- I OWE YOU this Story Ndra….

Janji Adalah Hutang..Dan HUTANG harus DIBAYAR… Kalo ngga’.. LOE BAKALAN DITAGIH NTAR DI AKHIRAT!!

So, demi membayar utang cerita ke sahabatku tercinta alias si Candra Aji.. (maaf ndra berangkatnya dulu nggak jadi lewat Jogja )… berikut pembayaran utang-nya..LUNAS ya NDRA!...hehehhe..aku nggak bisa tenang sebelum bayar utang hehe…

YES 2009 (youth Engagement Summit 2009) diadakan di International Convention Centre – Kualalumpur Malaysia

---Preload----

Melewati beberapa step persyaratan buat seleksi, kayak ini and itu…begini and begitu…

Lewat satu bulan… namaku tak nongol juga di list pemenang… T_T

Tenang…mereka butuh 500 dari cross Asean… masih ada kesempatan..baru juga 12 yang dipublish..tenang..waktu itu kalau nggak salah dari Indo baru ada 2 pemenang, laennya dari negri tetangga..

Menjelang deadline final pengumuman pemenang…

Setelah deg-degan dalam beberapa hari penantian, aku semakin deg2an, tapi sudah pasrah..nggak lolos ya memang belum rejeki…betul?

Sahabatku di ILMIKI (Ikatan Lembaga Mahasiswa Ilmu Keperawatan Indonesia) sekaligus kakakku juga seniorku di beasiswa IELSP sebut saja namanya Andi Baso Tombong, dan beberapa teman lain IELSP lolos dalam seleksi tersebut sebut saja Miftakhul Mardhiah, Fikri Yanda… jadi iri dengan mereka….hehehe

Tapi yang namanya rejeki nggak ke mana, 2 hari menjelang deadline final pengumuman siapa saja yang lolos buat ke Malay, aku mendapatkan email dari Audrone alias si Audra…

Email singkat, menyatakan aku lolos, lalu menyuruhku mengisi biodata dengan format darinya… begitu aku Tanya ke Kak Aso (Andi Baso Tombong), email itu sama dengan email yang ia terima beberapa hari lalu.. kontan saja aku deg-degan …mungkinkah lolos? Dan ternyata..emang lolos sich…^_^ hohoho…

---Load----
Dapat info lolos bukannya seneng tapi malah semakin bingung. Coz:
1. Aku ngirim balik email audra telat, dia minta aku ngirim dalam tempo 1 x 24 jam sejak aku menerima email tersebut, dan ternyata aku baru buka n tahu emailnya sekitar 2 harian..semakin menyesal nggak sich.. khawatir nggak jadi lolos..hikhik
2. Akhirnya positif lolos…udah arrange jadwal keberangkatan dari bandara terdekat di Jogja.. tapi gagal…Audrone minta dari Jakarta…alhasil transport ke Jakarta bayar sendiri..nggak tercover ma YES…biaya baru di cover penuh sejak dari Bandara Soekarno Hatta.. Yang ini sich kagak begitu masalah…slow2 aja..nyeselnya nggak jadi ketemu si Candra di Jogja…hehehehe…
3. Begitu mendekati Hari H aku malah tambah bingung, tiketku belum juga dikirim dari Audra….Akhirnya tahu juga kalau tiketku udah dipegang si David Immanuel Sihombing…(suka banget ma ni anak..Low Profile….^_@...) sedikit lega akhirnya…tapi yang namanya tiket nggak di tangan sendiri ya tetep aja bingung…hohoho..
4. Sampai di Jakarta, aku terlantar di Bandara Soekarno hatta.. SENDIRIAN… udah berangkat dari Semarang sendirian, berangkat ke Bandara sendirian, di bandara sendirian juga.. gimna nggak sendirian,lha wong pesawat berangkat jam 7an, aku dah nyampe jam 10an pagi…nunggu di mushola bandara sampai sore akhirnya, …sendirian juga, sms teman2 sesama YES, katanya mereka pertemuannya nti sore jam 5 di kafe mana ya> aku udah lupa…selama 7 jam aku nunggu di mushola bandara… Kenalan ma ibu2 yang lagi transit sholat, kenalan ma mbak2 cleaning service-nya Bandara..lumayan..nambah teman..daripada ngantuk..oya SMSan juga ma teman2 di Semarang, juga ma si David masalah tiket..minta tolong sekalian dia buat ngeprint-in..hehehehe cek Passpor dan perlengkapan lain juga sudah beres, aku untungnya juga bawa bekal makanan, (sesuai pengalaman, jadi selalu bawa bekal makanan)—minum, nasi, lauk, kering, roti, snack, bubur instan dan lain2… (hehehe), yang bisa aku makan, aku makan, lumayan buat ngganjal perut. Selain hemat, nggak perlu mikir kelaparan..hoho
5. Akhirnya tibalah jam 5..aku ketemu ma teman2..Ramai,… seneng banget…just call them “D Leader of Indonesia”, tapi masih belum ketemu si David, I call him “Ticket Holder” hihihihi… Bayangin aja kalau aku nggak ketemu dia, bisa-bisa nggak bisa masuk buat re-entry…hikhik…Vid, You di mana?
Akhirnya setelah Call2 an..ketemu deh..Syukurlah..jadi berangkat ke Malaysia..

Oy, kita2 naik peswatnya nggak jadi Air Asia, Tapi KLM Dutch, nggak tahu kenapa, padahal sponsornya kan Air Asia ya?, tapi malah beruntung..why? ya ..karena selain lebih “Kece” juga dapat “makan“…hehehe..beruntunglah kami yang mendapat peswat KLM..

Akhirnya di KLM Dutch Aku duduk sesuai nomor yang aku dapat..Sebelah kananku si Teuku, sebelah kiriku seorang tengah baya berwajah india, berbahasa Inggris, tapi dia orang Malaysia…^_^ Aku ngobrol2 dengannya, dia barusan urus bisnisnya di Jakarta, mau pulKam ke malay..hehehhee…Beliau Tanya acaraku di mana..menginap di mana..aku bilang aja sesuai di Web YES, acara di International Convention Center, Nginep di Daerah KLCC di Hotel Malayan… Kata beliau, kalau di KLCC bisa mengunjungi ke berbagai tempat menarik di Malay…Kayak Twin Tower, menara Petronas, deelel just by FOOT (aruite-aruite)….Oke Sir..I will..hehehe..

Setelah krg lebih 3 jam, sampailah kami di Malay…. Dijemput ma Team si Audra and YES’ team..
Abis itu, berangkat ke Hotel deh...nomor kamarku lupa berapa…seperti pengalaman2 sebelumnya..hal yang gratis terkadang jauh lebih baik… Malayan Hotel berbintang lho…tapi lupa bintang berapa..aduh…gara2 lama nggak nulis, jadi lupa semuanya.. seharusnya “ikatlah ilmu dengan menulisnya” itu aku terapkan..gimana mau jadi penulis kalau nulis ja masih belum mendarah daging begini..parah!

Chacha…nama teman sekamarku, Chinese gitu..^_^..., si cha2 kaget melihat isi koperku penuh dengan makanan…ya iyalah… Aku paling sulit adaptasi dengan makanan Negara lain, makanya aku bawa banyak bekal..biar nggak kelaparan,

Habis magrib aku sendirian, Icha keluar buat makan malam ma yang lain..aku lebih memilih masak bubur instan dan membuka snack, si Cha2 udah aku tawarin, tapi nggak mau…ya sudah…hehe…

Begitu kembali ke kamar, si Icha kelihatan lebih gedhe..perutnya..hehe, dia bilang makan di Malay murah pake banget..kayak makan di Indo lah..dua atau 3 ringgit dah dapat makan kenyang…Ya, besok aku keluar buat Jeng2, makan2 n belanja oleh2…besok juga bakalan dapat uang saku dari Audra..sabar2…^_^

Setelah ISHOMA, istirahat sebentar, mandi, makan, sholat, baca Qur’an, lalu..nonton TV, nyetrika (Aku juga bawa setrika lho..suka rapi soalnya), nyiapin costum buat besok pagi (batik) dan akhirnya...tidurlah smpai pagi menjelang..

Bangun pukul 05.00 buka jendela, masih gelap gulita….aneh ya, padahal kalo di Semarang itu udah siang..lalu baru mendengar adzan…owow..adzan jam 5…soalnya emang masih gelap sich… lalu seperti biasa menyiapkan sarapan pagi, bangunin si Cha2…gentian antri kamar mandi..dan bersiap berangkat!!!

Menempuh perjalanan hampir satu jam, kami dapat makanan spaghetti ala Malaysiadi dalam bus, kami makan lah itu makanan…Anak2 Malay mulai berlebay..ngajak kami kenalan2 gitu di dalam bus…ya nggak papa sich, Cuma berisik banget.. ya, harus dihormati lah mereka, mungkin itu cara mereka menyambut kami, dengan keakraban mungkin yang mereka maksud..^_?

Tibalah di International Convention Center, tempatnya megah and gedhe Banget… dapat materi, makan, teman, pembicara yang luarr biasa….pokoknya acaranya menyenangkan…

Pembicaranya kelas International, da yang pemusik, wakil World Bank, CO Founder FB, si Donal Trump… kayak mereka ni…Sir Bob Geldof – founder of Live, Biz Stone –co-Founder of Twitter, Garry Kasparov – World Chess Champion, Nando Parrado – Andes crash survivor, Randi Zuckerberg - Director of Marketing at Facebook, Dr. Mamphele Ramphele – former Managing Director of the World Bank and, Vice Chancellor, University of Cape Town, Tony Fernandes – Group CEO, AirAsia, Lorraine Hahn – Moderator and Emcee
Acaranya:
University
1:00-2:00 pm Lunch Break
2:00-3:00 pm Speaker:
Amitabh Bachchan (diganti pembalap India, Om Amitabh Lagi Ijin ^_^)
Bollywood Icon
Nando Parrado
Andes crash Survivor
6.15 pm END

kagak usah dijelasin panjang lebar ya.. cuapek ntar..ni ja dah kepanjangan ceritanya… Oke..Lanjuuuuttttt…

Acara selesai jam 7an… besoknya acara serupa lagi..pulang jam 7an… setelah itu Jeng-jeng ke China Town depan Hotel kami, beli pernak pernik and oleh oleh buat Kos ma buat teman2 satu kelompok profesi …juga buat kepala ruang and pembimbing Unit Stroke (Bu Gin ma Bu Muji)…hihihi…pas waktu itu saya ijin dari shift di Stroke Unit..

Paginya..Coz keberangkatan kami ke Indo masih ntar siang..kami memutuskan untuk Jalan2 daerah KLCC..
Ke China Town, Pasar, Naik monorail keretanya Malay- kapan ya Indo buat?, ke Twin Tower, ke mana2 pokonya kami tempuh dengan jalan kaki…mpe puegel ..hehee..pulagnya ke hotel kami naik bus, nggak kuat jalan terus…hehe

Udah deh..tinggal persiapan pulang..tapi sebait lyric di Lagu YES, masih terngiang dengan jelas…
TO MAKE TOMORROW A BETTER DAY..WE CAN’t PREDICT THE FUTURE ANYWAY..BUT WE CAN CREATE IT TOGETHER! YES WE CAN! Akan selalu mengakar..ya..kita dilahirkan untuk membuat esok lebih baik, demi diri sendiri, lingkungan, Indonesia dan Dunia…hemmm..Thnks All, pertemuan sesaat dengan teman2 dari Indo maupun negri tetangga kembali mengobarkan semangat untuk berbuat lebih bagi Sekitar…^_^ Amin…

---Afterload---
Terlantar di Stasiun Gambir.

KLM Dutch mengantarkan kami melintasi indahnya negeri atas awan, dan mendaratkan kami kembali di negeri tercinta – Indonesia -.
Malam semakin larut, jam sudah menunjukkan pukul 21.00. Kalau tidak berkat kebaikan hati Witney Dan Orang Tuanya, mungkin sekarang aku, dan teman-teman masih terlantar di Airport Soekarno Hatta, Jakarta.
Untungnya, kami bertiga di antar oleh orang tua Witney hingga sampai stasiun Gambir. Setelah say Thanks ke Witney and Fams, kami akhirnya memasuki gerbang staiun Gambir....dan bersiap mengantri untuk pembelian tiket pulang..(ada cerita heboh setelah ini, tapi berhubung udah pegel nulis udah ya..kalau nggak males nulis, nti aku tulis ..tapi ini bukan hutang lagi ya Ndra..hehe)