ZAITUN di ADELAIDE

Bismillah,




“Dan Dia-lah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan. Maka, Kami keluarkan tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dari mayang kurma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (kami keluarkan pula) zaitun dan delima yag serupa dan yag tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman.(QS. Al An’aam [6]: 99)

Suamiku sempat penasaran ketika aku menceritakan kepadanya bahwa di Adelaide, madu ataupun minyak zaitun banyak dijual. Bisa membeli di supermarket atau di Sunday Market, bisa dibilang sebuah pasar tradisional yang hadir setiap hari minggu. Di Adelaide, biasanya Sunday Market ada di Marion atau di Brighton. Di sini biasa dijual hasil panen para penduduk setempat, entah itu sayur, buah, madu ataupun zaitun. Yah, kita bisa menemukan di sana. untuk harga jangan ditanya. tentu saja jauh lebih murah.

Aku teringat satu liter zaitun yang ada di kamar kami di Indonesia, suami biasa mengkonsumsinya beberapa sendok. Setelah dulu aku dapat informasi dari sahabatku bahwa Zaitun bisa menurulkan kadar kolesterol, kami akhirnya mengkonsumsinya (suamiku lebih sering, kalau aku lebih suka kupakai sebagai minyak rambut.. hihi).

Nah, cerita soal zaitun ni ya, aku baru menyadari kalau di musim dingin ini, pohon zaitun di sini lagi heboh-hebohnya bersemi dan bersiap berbuah. Selidik boleh selidik, akhirnya sore kemaren aku jalan-jalan di area Bedford Park. Yah, paling hanya jalan-jalan sekitar Sturt Road, sampai Kelvin Road. Cuma jalan-jalan kaki. sendiri. sebenarnya selain untuk melepas penat di sore hari, aku sengaja ingin mengambil foto pohon-pohon zaitun. Ya, tentu saja buat kukirim ke suami. yang hobi sama si zaitun dan madu. hehe. (maafin ya ayank, cuma dikirim foto  :D)

Di sini, jangan kaget ya, pohon zaitun banyak banget di pinggir atau halaman rumah. ingat! bukan perkebunan lo ya.. di pekarangan rumah. jadi ya ndak usah kaget.
Kalau mau ke perkebunan zaitun di sini, di Australia selatan, ada kok. Itu di Connalpyn kalau tidak salah, perkebunan besar zaitun itu sudah dibeli oleh perusaan internasional beberapa tahun lalu. wah... sayang ya, padahal ada lebih dari seratus ribu pohon zaitun di sana. well, sayang banget kalau diserahkan ke asing... secara zaitun banyak lah yang minat, dari penduduk lokal maupun asing. Tapi yah.. namanya bisnis. who knows!

Sebenarnya banyak manfaat zaitun untuk kita. Selain disebutkan dalam Al-Qur'an, zaitun juga ada dalam beberapa hadist lho.

Dalam sebuah hadits disebutkan:
“Makanlah kalian buah zaitun, minyak zaitun, dan gunakan menggosok (mengoles) dengan minyak zaitun, sesungguhnya ia adalah dari pohon yang diberkahi.” (HR.Tirmidzi dan Ibnu Majah)
“Minumlah minyak zaitun dan berminyak dengannya karena sesungguhnya ia adalah dari pohon yang diberkahi.” (HR. Baihaqi dan Ibnu Majah)

Yeah.. intinya, kalau mau lihat banyak pohon zaitun yang tersebar bebas. datang saja ke Adelaide ya ..hehehe. Ribuan tahun silam, masyarakat di sekitar Laut Tengah dan Timur telah mengetahui rahasia di balik Zaitun. Buahnya yang berwarna hijau kekuningan digunakan untuk penambah rasa. Sedangkan zaitun yang warnanya kehitaman biasa diperas untuk diambil minyaknya. Well, karena sudah nyata terdapat di Al-Qur'an maupun hadist, ini minyak bukanlah minyak sembarangan lho. Selain sunnah, banyak peneliti yang tertarik untuk mengkaji lebih dalam kandungannya. Sangat bagus untuk memasak, obat/ farmasi, sabun bahkan untuk kosmetik alami. Jadi ayo dipakai buat maskeran aja.... berarti juga bisa lho buat minyak rambut. hihi. Oiya, paling bagus ni kalau minyak zaitun itu ternyata juga bisa meningkatkan sistem imun/ ketahanan tubuh manusia lho. :)

Selamat mengakrabkan diri dengan Zaitun, sunnah yang kaya manfaat :)



Gb. Zaitun di pekarangan rumah dekat kos (belum berbuah).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

JANJI ALLAH KEPADA ORANG-ORANG YANG TIDAK BERIMAN

PROSES PEMBUATAN TEMPE AL-AMAN (COCOK UNTUK NEGARA 4 MUSIM).

JEJAK LANGKAH KAKI LELAKIKU