SERIAL AYAT-AYAT PILIHAN ^_^

Dear All, Kembali lagi... tag-tag-an note pak Lek Abu Musa, di FB yang indah dan banyak pembelajaran saya tulis di sini... Okey ^_^


"Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya..." (Al Isra:36)



Penjelasan Ringkas..


# Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya...

Maksudnya, jangan mengikuti apa yang tidak kamu ketahui dan tidak penting bagimu. Jika kita memiliki pengetahuan, maka manusia boleh menetapkan suatu hukum berdasarkan pengetahuannya itu. (Tafsir Al-Qurthubi)

#...Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya.."

Maksudnya masing-masing dari semua itu ditanya tentang apa yang dilakukannya. Hati ditanya tentang apa yang dia pikirkan dan dia yakini. Pendengaran dan penglihatan ditanya tentang apa yang dia lihat, dan pendengaran ditanya tentang apa yang ia dengar. Semua anggota tubuh akan diminta pertanggungjawaban di hari kiamat. (Tafsir Al-Qurthubi, Ibnu Katsir.)


Allah 'Azza Wa JAlla.. melarang mengatakan sesuatu tanpa pengetahuan, bahkan melarang pula mengatakan sesuatu berdasarkan dzan (dugaan) yang bersumber dari sangkaan dan ilusi (Tafsir Ibnu Katsir)

Pelajaran Dari Ayat

1- Hikmah dari ayat ini adalah memberikan batasan-batasan hukuman, karena banyak kerusakan yang disebabkan oleh perkataan yang tanpa dasar.

2- Janganlah kamu mengikuti perkataan dan perbuatan yang tidak kamu ketahui ilmunya, dan janganlah kamu mengucapkan aku melihat ini padahal aku mendengar ini padahal kamu tidak mendengarnya. Firmannya ,"Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggung jawabnya"

3- Janganlah kamu mengikuti sesuatu yang tidak kamu ketahui ilmunya, karena Allah Ta'ala akan menanyakan anggota badan ini pada hari Kiamat tentang apa yang telah di ucapkan oleh pemiliknya atau yang dikerjakannya maka dia akan bersaksi dengan apa yang dia ucapkan atau yang dikerjakan dari perkataan dan perbuatan yang dilarang.

4- Haram berkata atau berbuat tanpa didasari oleh ilmu, karena dapat menyebabkan kerusakan. Dan Allah Ta'ala akan menanyakan seluruh anggota badan dan meminta persaksiannya pada hari Kiamat. (Tafsir Al-Aisar)

Mutiara Hikmah

"Betapa bahagianya bila engkau sudah dapat memindahkan kehidupan surgawi ke dalam jiwamu, maka kau enggan melihat keindahan duniawi yang diliputi kemaksiatan. Matamu, telingamu, lidahmu, tanganmu, kakimu, selalu kau jaga demi harapanmu pada Robbmu.."



By; Abu MUsa

Badrany 19 Okt 2011, Al-Madinah Al-Munawwarah


Apresiasi bagi yang memforward risalah ini pada orang2 yang dikasihinya.. Semoga bermanfaat

Komentar

Pos populer dari blog ini

JEJAK LANGKAH KAKI LELAKIKU

PROSES PEMBUATAN TEMPE AL-AMAN (COCOK UNTUK NEGARA 4 MUSIM).

MINYAK KAPAK - TRADISI KELUARGA..TAPI BUKAN DI DALAM BUS