Buah Merah Merona ^_^

BUah merah merona??

tahukah kawan apa itu?

yah tak ni bukan tentang apel, tapi tentang buah murah meriah. yaitu TOMAT.


bermula dari kekhawatiran saya dengan Gula darah dan kolesterol yang tinggi, sayapun akhirnya minta untuk dicek glukosa darah dan kolesterol di laboratorium kampus saya. Dan alhamdulillah normal. GDP atau Gula darah puasa saya 59 mg/dl sedangkan kolesterol saya masih dibawah 200, yaitu 124 mg/dl, jadi alhamdulillah normal. saya hanya merasa khawatir dengan kondisi kesehatan saya, soalnya saya minggu2 ini sering merasa mengantuk, khawatir ada penyakit seperti diabetes/ penyakit kencing manis atau penyakit gula. Tapi alhamdulillah semua normal.

meskipun demikian, saya sudah membuat resolusi baru untuk hidup lebih sehat yaitu makan teratur dan tidak berlebihan, makan cukup bergizi (karna masak sendiri), olahraga dan konsumsi buah.

buah yang murah dan mudah didapat adalah tomat, soalnya seringkali saya belanja pagi hari untuk keperluan memasak, tomat selalu dijual banyak, dn saya akhirnya menjadikan tomat menjadi terapi buah harian. lumayan banyak manfaatnya. Kapan-kapan kalau sempat ke toko buah, mungkin saya juga beli buah lainnya, sementara saya konsumsi buah merah merona ini dulu.

jadi jangan kaget begitu masuk kamar kos saya, karena langsung disambut oleh sepiring Tomat berwarna merah merona yang tampak ranum, namun demikian, adik-adik kos saya pada gak suka, jadi saya konsumsi sendiri dech. hehe

berdasarkan artikel yang saya baca, berikut khasiat TOMAT ^_^

Manfaat Tomat Bagi Kesehatan dan Khasiat Buah - Tomat yang antioksidan yang telah terbukti untuk melawan berbagai bentuk kanker. Tomat sumber yang kaya vitamin dan mineral dan mengerahkan efek perlindungan terhadap penyakit kardiovaskular. Hal ini juga meningkatkan kesehatan mata dan mencegah hipertensi dan infeksi saluran kemih.

Kesehatan manfaat tomat telah dikenal manusia sejak dulu. Tomat merupakan sumber yang kaya antioksidan yang telah terbukti efektif terhadap berbagai bentuk kanker. Beberapa manfaat tomat yang lainnya

Sumber berlimpah Antioksidan: Tomat mengandung sejumlah besar lycopene, antioksidan yang sangat efektif dalam pemulungan radikal bebas penyebab kanker. Manfaat ini dapat diperoleh dari bahkan panas-produk olahan tomat, termasuk kecap. Para likopen dalam tomat perkelahian melawan kanker dan telah terbukti sangat efektif dalam memerangi kanker prostat, kanker serviks, kanker lambung dan rektum serta kanker faring dan esofagus. Hal ini juga melindungi terhadap kanker payudara dan kanker mulut menurut penelitian yang diterbitkan oleh Harvard School of Public Health.

Mengurangi Kolesterol dan Jantung Melindungi: Para likopen pada tomat mencegah oksidasi lipid dalam darah, sehingga efek protektif terhadap mengerahkan penyakit kardiovaskular. Konsumsi tomat yang teratur telah terbukti menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida dalam darah. Lipid ini adalah penyebab utama dalam penyakit jantung dan menyebabkan pengendapan lemak dalam pembuluh darah.

Sumber yang Kaya Vitamin dan Mineral: Satu tomat tunggal dapat menyediakan sekitar 40% dari harian vitamin C persyaratan. Vitamin C adalah antioksidan alami yang bertindak melawan penyebab kanker radikal bebas. Hal ini juga mengandung banyak vitamin A dan kalium serta besi . Kalium memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan saraf dan zat besi sangat penting untuk menjaga kesehatan darah normal. Vitamin K yang penting dalam pembekuan darah dan kontrol perdarahan berlimpah dalam tomat.

Mengatasi Efek asap Rokok: Dua komponen utama dari tomat, asam coumaric dan asam klorogenat, melawan nitrosamine yang diproduksi dalam tubuh dan utama karsinogen ditemukan dalam asap rokok.

Meningkatkan Visi: Vitamin A, hadir dalam tomat bantu, membantu dalam meningkatkan visi, mencegah kebutaan malam dan degenerasi makula.

Terus Gut Sehat: Tomat menjaga sistem pencernaan yang sehat dengan mencegah sembelit dan diare baik. Hal ini juga mencegah penyakit kuning dan efektif menghilangkan racun dari tubuh.

Menurunkan Hipertensi: Menkonsumsi tomat mengurangi risiko terkena hipertensi.

Mengurangi Diabetes: Sebuah studi yang dilakukan oleh Journal of American Medical Association menunjukkan bahwa mengkonsumsi mengurangi stres oksidatif pada diabetes tipe 2.

Untuk Kulit Sehat: Tomat membantu dalam menjaga kesehatan gigi, tulang, rambut dan kulit. Aplikasi topikal jus tomat dikenal untuk menyembuhkan sunburns parah. mengkonsumsi tomat secara rutin juga melindungi kulit terhadap UV-induced erythema. Tomat memiliki peringkat tinggi dalam persiapan anti-penuaan produk.

Mencegah Infeksi Saluran Kemih: Asupan Tomat juga mengurangi kejadian infeksi saluran kemih serta kanker kandung kemih .

Mencegah Batu empedu: Menkonsumsi tomat secara rutin juga bisa melarutkan batu empedu.


Ada berbagai penelitian untuk membuktikan khasiat tomat terhadap penyakit kronis dan kanker. Sifat antioksidan dari tomat juga bisa berasal dari makanan olahan yang meliputi tomat seperti saus tomat dan haluskan. Mengkonsumsi tomatsetiap hari akan memenuhi kebutuhan harian vitamin dan mineral dan mengerahkan efek perlindungan pada tubuh



sbr: http://aadesanjaya.blogspot.com/2011/09/manfaat-tomat-bagi-kesehatan-dan.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

JANJI ALLAH KEPADA ORANG-ORANG YANG TIDAK BERIMAN

PROSES PEMBUATAN TEMPE AL-AMAN (COCOK UNTUK NEGARA 4 MUSIM).

MINYAK KAPAK - TRADISI KELUARGA..TAPI BUKAN DI DALAM BUS