GERONTOLOGI

Okey, sekarang saya akan lebih memilih menulis di blog sesering mungkin dari pada di FB, soalnya di FB banyak yang lihat, kalau di Blog ini mah, paling yang lihat satu dua doang..hehe, kalaupun banyak yang lihat, setidaknya saya tdak tahu, mengurangi ujub gitu..hehe.... hehe, kalaupun yang lihat ma;lah buanyak..semoga tulisan yang saya tulis setidaknya bisa bermanfaat bagi orang lain.

Hehe, topik kita hari ini apa ya?
hmm
baiklah, kita akan berbicara tentang GERONTOLOGI dan GERONTIK.




Gerontologi adalah cabang ilmu yang membahas / menangani ttg proses penuaan & masalah yang timbul pd orang yg berusia lanjut.
Fokus kita kali ini adalah mengenai Keperawatan Gerontik, apalagi ini?

Keperawatan Gerontik adalah suatu pelayanan profesional yang berdasarkan ilmu & kiat/tehnik keperawatan yang berbentuk bio-psiko-sosial-spritual & kultural yang holistic yang di tujukan pd klien lanjut usia baik sehat maupun sakit pada tingkat individu, keluarga, kelompok, dan masyarakat.

Jreng-jreng, okeh...

Hari ini, jadwal seperti biasa, seperti hari sebelumnya, saya bersama dosen lain satu departemen (departemen keperawatan jiwa dan komunitas) memiliki janji untuk melakukan penilaian implementasi mahasiswa yang praktek di bagian keperawatan gerontik.

sesuai dengan definisi keperawtan gerontik di atas, maka pasti teman-teman sudah pada tahu ke mana kira-kira kami berempat (Saya, bu dewi, pak Mu'in, bu Elis) melangkah, maksudnya meluncur... yah tentu saja dengan diantar oleh pak Abu, kami mengendarai kuda biru alias mobil biru kampus, menuju tempat mempesona yang sudah ada di dalam fikiran kita..tempat itu adalah di PANTI WREDHA HARAPAN IBU. ---penjelasan tentang panti wreda ini akan saya bahas dalam judul tersendiri. okey ^_^

Hari ini ada 17 mahasiswa yang akan ujian implementasi kepada pasiennya masing-masing, pasien mereka tentu saja para lansia di Panti Wredha Harapan ibu. karena jumlah kami, para dosen ini ada 4 orang, maka sesuai kesepakatan di awal, kami bagi rata, saya, bu ruli dan bu rita untuk masing2 4 mahasiswa sedangkan pak Mu'in khusus karena laki-laki, maka mendapatkan porsi lebih besar yaitu untuk 5 mahasiswa, total pas ada 17 mahasiswa.

beberapa kali saya melakukan penilaian implementasi mahasiswa kepada para lansia ini, dan beberapa kali itulah saya merasa trenyuh.

saat ini ada 3 mahasiswa yang sudah mengumpulkan preplanning intervensi yang akan mereka lakukan saat ini, sedangkan satu mahasiswa masih nanti, karena ia masih brsama klien/pasien kelolaannya.

karena masing-masing pasien unik, saya akan mencoba jelaskan kisah satu per satu klien tersebut.

Pasien pertama:



Komentar

Postingan populer dari blog ini

SAYA dan EWB (Education Without Border) 2011 - Dubai d Abu Dhabi - UAE 27-31 March 2011

MERAJUT dengan HATI ^_^

PROSES PEMBUATAN TEMPE AL-AMAN (COCOK UNTUK NEGARA 4 MUSIM).